Mendapatkan Perhatian Guru dengan Cara yang Baik

Bagi siswa, mendapatkan perhatian dari guru adalah hal penting yang sebaiknya dipelajari. Mengapa? Itu harus dilakukan karena siswa selalu berinteraksi dengan guru. Banyak manfaat yang bisa kita peroleh ketika guru memperhatikan siswa, diantaranya yaitu:
  • Mendapatkan pengakuan dari guru. Artinya keberadaan kamu sebagai siswa akan dikenali
  • Menumbuhkan tali silaturahmi
  • Tidak akan sungkan meminta tolong saat ada kesulitan
  • Selalu ada yang mengingatkan ketika khilaf.
Hal-hal di atas merupakan beberapa manfaat yang saya rasakan ketika dahulu masih menjadi seorang siswa.



Kemudian, bagaimana cara agar mendapat perhatian dari guru?

5 Cara yang Baik untuk Mendapatkan Perhatian Guru


Berikut ini akan saya sampaikan cara yang baik jika ingin mengambil perhatiannya.

1. Cobalah Aktif dalam Proses Pembelajaran di Kelas

Aktif yang saya maksud adalah bertanya ketika ada pembahasan yang kurang dimengerti, atau bisa juga dengan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Misalnya guru bertanya: "apakah diantara kalian ada yang tahu apa yang dimaksud dengan ...". Ketika Bapak atau Ibu gurumu bertanya demikian, itu waktu yang tepat untukmu menunjukkan keaktifan kamu. Lakukan itu ketika kamu memang benar-benar mampu menjawabnya. Tapi harus ingat, lakukan sewajarnya agar tidak terlihat over acting.

2. Bersikap Sopan dan Santun

Semua orang termasuk guru suka kepada siswa yang sopan dan santun, baik dalam berkata atau pun dalam bersikap. Berkata dengan bahasa yang sopan dan lemah lembut dapat meningkatkan respon guru terhadap kamu. Adapun bersikap sopan dapat menjadikan kamu siswa yang baik.

Catatan: bersikap sopan lah kepada semua orang (termasuk orang tua, tetangga, dan temanmu, agar kelak menjadi orang yang di-rindu-kan).


3. Berpenampilan Rapi

Penampilan yang rapi merupakan cerminan karakter. Oleh sebab itu, ketika ingin mendekati guru maka usahakan untuk memakai seragam, sepatu, atribut lengkap, potongan rambut, dan semuanya harus rapi dan sederhana sesuai tata tertib yang berlaku di sekolahmu.

4. Jadilah Siswa yang Disiplin

Disiplin adalah kunci keberhasilan. Semua guru suka dengan siswa yang disiplin tanpa terkecuali. Disiplin terhadap tata tertib akan menjadikan siswa lebih disenangi oleh guru. Cobalah untuk begitu. Tanpa meminta, guru pun akan memberikan perhatiannya kepadamu.

5. Aktif Mengikuti Kegiatan Kesiswaan

Tidak bisa disangkal, setiap siswa yang aktif dalam kegiatan kesiswaan seperti OSIS atau pun ekstrakurikuler cenderung dekat dengan guru. Mengapa demikian? Karena siswa yang mengikuti kegiatan-kegiatan seperti itu lebih sering muncul dan sering berkomunikasi dengan guru.


Jadi, manakah di antara 5 cara di atas yang menurut kamu paling baik, dan lebih kamu sukai untuk mendapatkan perhatian guru? Tulis pendapatmu di kolom komentar.

0 Response to "Mendapatkan Perhatian Guru dengan Cara yang Baik"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.